Tentang Tokoh Fiksi Bernama Abdullah Bin Saba





Siapakah Abdullah Ibn Saba yang digunakan kaum Wahabi-Takfiri untuk memfitnah Muslim Syi’ah (yang dikatakan sebagai pendiri Syi’ah itu) –padahal tak ada satu pun hadits yang diriwayatkan darinya oleh Muslim Syi’ah dan tak pernah ada makamnya itu? Kisah fiksi tentang Abdullah bin Saba itu dibuat oleh seseorang yang bernama Sayf Ibn Umar al-Tamimi. Ia memang dikenal sebagai seorang penulis cerita atau pendongeng dan ia hidup pada abad kedua Hijriah. Ia menulis cerita fiksi tentang Abdullah bin Saba itu dengan menyalah-gunakan fakta-fakta sejarah yang ia temukan dalam sejarah Islam yang ada pada masanya.

Sayf al-Tamimi menulis sebuah fiksi yang kurang lebih sama dengan yang pernah ditulis oleh Salman Rushdi dengan novel-nya yang legendaris yaitu “Satanic Verses” dengan motif yang kurang lebih sama (di mana dalam kasus Salman Rushdi yang mendanainya adalah Zionist Ingris dan Barat untuk menyerang Islam dan dunia Islam). Hanya tokoh utamanya saja yang berbeda—dalam karya Sayf yang dijadikan tokoh ialah tokoh khayalan yang ia buat sendiri.

Sayf Ibn Umar menyimpangkan biografi atau kisah hidup dari beberapa sahabat Nabi hanya untuk menyenangkan rezim penguasa yang berkuasa pada waktu itu, sekaligus ia juga mencoba untuk mengolok-olok dan menyimpangkan sejarah madzhab Ahlul Bait as, sekaligus mengolok-olok Islam secara keseluruhan. Sayf Ibn Umar adalah penasihat dari keluarga Bani Umayyah yang paling setia dan ia juga dikenal sebagai seseorang yang sangat memusuhi para pengikut Ahlul Bait Muhammad saw –dan oleh karena itu ia mencoba sekuat tenaga untuk membuat cara untuk menjatuhkan kredibilitas madzhab Ahlul Bait as.

Tidak ada komentar: